ANOVA

Layanan Olah Data dan Analisa Data Statistik

One Way ANOVA

Posted at March 8, 2013 | By : | Categories : ANOVA | 1 Comment

Analisis ragam atau analysis of variance (ANOVA) adalah suatu metode untuk menguraikan keragaman total data menjadi komponen-komponen yang mengukur berbagai sumber keragaman. Secara aplikatif, ANOVA digunakan untuk menguji rata-rata lebih dari dua sampel apakah terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan/tidak antar kelompok tersebut.

Uji ANOVA sebenarnya merupakan pengembangan dari Uji-T, dimana Uji-T digunakan untuk menguji rata-rata dari dua sampel. Perbedaan mendasar dari Uji T dan ANOVA adalah terletak pada banyaknya kelompok populasi. Uji T hanya mampu mengakomodasi pengujian kesamaan 2 rata-rata populasi, sedangkan ANOVA dipakai untuk menguji kesamaan rata-rata untuk 3 atau lebih populasi. Tujuan dari ANOVA adalah sama saja dengan Uji-T, yaitu menguji kesamaan rata-rata dari populasi.

Data hasil percobaan di dalam One Way ANOVA setidak-tidaknya bertipe interval. Beberapa asumsi yang harus dipenuhi dalam melakukan analisis One Way ANOVA ini antara lain adalah:

  1. Error menyebar normal dengan rata-rata nol dan ragam konstan,
  2. Ragam populasi homogen.

Langkah-langkah analisis:

1. Deskripsi rata-rata dan standar deviasi dari sampel.

2. Uji homoskedastisitas (untuk menguji ragam dari k populasi sama/tidak)

Hipotesis :

>> Ho: Varians dari k populasi adalah sama (var1=var2=…..=vark=0)

>> H1: Minimal terdapat sepasang varians yang berbeda

3. Hasil uji beda rata-rata k populasi

Hipotesis :

>> Ho: Tidak terdapat perbedaan rata-rata dari k populasi adalah sama ( μ1= μ2= …= μk=0))

>> H1: Minimal terdapat sepasang μ yang berbeda

4. Jika pada point 3 menghasilkan keputusan tolak Ho yang artinya terdapat sepasang μ yang berbeda,  tentunya kita ingin mengetahui populasi mana saja yang berbeda rata-ratanya secara signifikan. Untuk mengetahui populasi mana saja yang berbeda rata-ratanya secara signifikan, lakukan Post Hoc Tes.

Contoh kasus:

Di sebuah fakultas pertanian diadakan penelitian untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh pemberian pupuk A, pupuk B, dan pupuk C pada pertambahan lebar daun tumbuhan X. Untuk itu, diambil sampel sebanyak 30, dibagi menjadi 3 kelompok. Masing-masing kelompok diberi pupuk yang berbeda.

 

About Admin

Admin merupakan owner dari Peta Data Consulting, bergerak pada bidang Jasa Konsultasi Statistik yang meliputi Olah Data dan Training Statistik bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan Skripsi/Thesis/Penelitian maupun bagi perusahaan yang membutuhkan Jasa Survei atau Pengolahan Data.

Comment

  • Angel

    October 2, 2013 at 5:42 am

    Hi Yi,The software I used to ctreae the heatmaps was SigmaPlot, but any plotting software that can do XYZ pairs should work.No, I don’t think adding extra liquid in between the wells will do much. If evaporation is truly a problem (I have never encountered an assay where that is true unless you incubate for a really long time), then you can use a humidity chamber to help somewhat. There are also gas permeable membranes that you can cover your plate with. They don’t allow water vapor to pass through, but allows other gases to penetrate.I hope that helps,Dan

Leave a Comment